Diberdayakan oleh Blogger.
Configure your calendar archive widget - Edit archive widget - Flat List - Newest first - Choose any Month/Year Format
RSS

Total Tayangan Halaman

Istilah dalam Haji dan Umroh


Haji : menyengaja ke Baitullah dan tempat-tempat tertentu untuk melaksanakan   amalan-amalan ibadah tertentu pula  

Umroh : haji kecil. berkunjung ke Baitullah melakukan Thawaf, Sa’i dan bercukur atau menggunting rambut demi memenuhi panggilan Allah SWT dan mengharap ridho-Nya
 
Rukun : suatu perbuatan yang apabila tidak dilakukan tidak sah hajinya. 

Ihram : niat mengerjakan haji sambil mengenakan pakaian ikhram

Wukuf : berdiam diri dan berdoa di padang luas ini hingga Maghrib datang

Mabid : bermalam

Muzdlalifah :  Tempat di dekat Mina dan Arafah, dikenal sebagai tempat jamaah haji melakukan Mabit (Bermalam) dan mengumpulkan bebatuan untuk melaksanakan ibadah jumrah di Mina.

Mina : Tempat berdirinya tugu jumrah, yaitu tempat pelaksanaan kegiatan melontarkan batu ke tugu jumrah sebagai simbolisasi tindakan nabi Ibrahim ketika mengusir setan

Jumroh : tempat pelemparan, keberadaan jumrah adalah untuk memperingati ketika nabi Ibrahim digoda oleh setan agar tidak melaksanakan perintah Allah menyembelih putranya Ismail.

Aqabah : salah satu tempat lempar jumrah

Thawaf ifadlah : tawaf yang termasuk rukun haji

Jamaraat : tempat melempar batu kerikil pada tiga buah tugu yang terletak di Mina

Thawaf qudlum : tawaf yang baru tiba di mekkah

Thawaf wada` : tawaf  perpisahan sebagai pamitan untuk menginggalkan kota suci Mekkah

Sa`I : berlari-lari kecil  antara bukit Shafa dan Marwah
 
Shafa : merupakan dua bukit yang terletak dekat dengan Ka'bah

Marwa : merupakan dua bukit yang terletak dekat dengan Ka'bah

Hajar aswad : batu yang dalam agama Islam dipercaya berasal dari surga

Hijir isma`il : nama tempat yang terletak disebelah utara Ka'bah dilingkari oleh tembok lebar (Al-Hathimu)

Multazam : bagian dinding Ka'bah antara Batu Hitam dan pintu Ka'bah.tempat dikabulkannya doa dan disunnahkan untuk berdoa sambil menempelkan pipi , dada,  Lengan, ke2 telapak tangan.

Maqam Ibrahim : batu yang dulu digunakan oleh Nabi Ibrahim sebagai tempat berpijak ketika akan membangun dinding Ka'bah yang lebih tinggi

Mabrur : ibadah hajinya diterima dan diridhai Allah

Zam-zam : air istimewa yg sudah ada sejak nabi ismail masih bayi, ribuan tahun yg lalu, hingga kini masih tetap saja memancar keluar tak habis-habisnya.

Tahallul awal : semua larangan selama ihram menjadi boleh dilakukan kembali, kecuali berhubungan suami istri

Tahallul tsani : keadaan seseorang yang telah melakukan ketiga perbuatan yaitu: melontar jumrah Aqabah, bercukur, dan thawaf ifadah serta sa’i.

Nafar awal : keberangkatan jamah haji meninggalkan Mina lebih awal, paling lambat sebelum terbenam matahari yaitu tanggal 12 Dzulhijjah setelah melontar jumrah Ula, Wustha dan Aqabah
 
Nafar tsani : keberangkatan jamaah haji meninggalkan Mina pada tanggal 13 Dzulhijjah setelah melontar jumrah Ula, Wustha dan Aqabah.

Hari tasyik : tgl. 10,11,12 dan 13 Dzulhijjah. hari pengeringan daging qurban

Nahar : tanggal 10 Dzulhijjah, dinamakan hari Nahar (penyembelihan) karena pada hari itu dilaksanakannya penyembelihan qurban dan dam.

Dam : denda bagi seseorang yang melanggar kententuan wajib haji / umrah

Miqat zamani : batas waktu untuk memulai ihram haji / umrah

Miqat makani : batas tempat untuk memulai ihram haji / umrah

Roudlah : ruangan diantara mimbar & kamar rassulullah.

Quba` : asjid pertama yang dibangun oleh Rasulullah saw

Yalamlam : kota tempat miqat untuk jamaah yg datang dari arah yaman, India, Indonesia, di negeri-negri yang sejajar dengan ketiga negeri tersebut.

Bir ali : Tempat miqat bagi jama'ah yang datang dari arah Madinah
                
Arofah : suatu padang yang sangat luas, sekitar 25 km dari Makkah. Tempat wukuf dilaksanakan

Hiro` : Gua tempat Muhammad biasa merenungkan alam semesta sebelum beliau diangkat menjadi utusan Allah. Ditempat ini pula beliau menerima wahyu pertama-Surat Al Alaq ayat 1-5- dengan perantaraan malaikat Jibril. Gua ini terletak di sekitar Makkah.

Jabal rohmah : nama sebuah gunung kecil di padang Arafah, yang dulu dipakai Nabi Muhammad untuk menyampaikan khutbah terakhirnya pada saat haji Wada' (sebelum beliau wafat).tempat bertemunya Nabi Adam as dan Hawa setelah keduanya terpisah saat turun dari surga

Babus salam : pintu ke 24 dari Masjidil Haram. Disunnahkan untuk memasuki Masjidil Haram melalui pintu ini, walaupun sekarang hanya "fly over"-nya yang bisa kita lewati, karena pintu ini terletak di samping jalur sa'i. Karena itu agar tidak memotong jalan orang yang sa'i, dibuatkan jembatan di atasnya.
 
          Ka`bah : lambang untuk mengingatkan manusia kepada Allah Sang Pencipta. Bangunan kubus  yang bukan terbuat dari emas atau material berharga lainnya, namun dari batu yang keras, polos tak berhiaskan batu permata
 
Rukun yamani : tempat yang trletak sejajar hijir ismail dengan hajar aswad, & merupakan salah satu sudut ka`bah yang menghadap kea rah Yaman.

Jabal nur : terletak kurang lebih 6 km di sebelah utara Masjidil Haram

Goa tsur : gua dekat mekah tempat rasulullah saw & abu bakar ash-shiddiq brsembunyi dari kejaran orang-orang  kafir quraisy saat mereka hendak melakukan perjalanan hijrah menuju madinah

Isma`il : seorang nabi dalam kepercayaan agama samawi. Ismail adalah putera dari Ibrahim dan Hajar

Qurban : salah satu ritual ibadah pemeluk agama Islam, dimana dilakukan penyembelihan binatang ternak untuk dipersembahkan kepada Allah

 Arba`ien : empat puluh. Dalam hal ini maksudnya adalah shalat wajib berjama'ah di Masjid Nabawi Madinah, selama 40 kali waktu shalat secara terus menerus-tanpa putus sekalipun.
 

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar